Mahasiswa KKN UGM memberikan Sosialisasi Anti-Stunting

13 Januari 2020 13:56:39 WIB

Jatiayu (SIDA) : Pada tanggal 5 Januari 2020, kegiatan posyandu untuk balita dilaksanakan di Dusun Sawahan 13. Usai pengukuran berat dan kesehatan balita, tiga mahasiswa UGM memaparkan beberapa informasi kepada ibu-ibu dalam rangka sosialisasi pencegahan stunting. Sesi sosialisasi dibuka dengan penjelasan mengenai stunting dan penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan stunting oleh M. Riko Dadiarta, mahasiswa lulusan Fakultas Kedokteran UGM yang sedang menjalani koas. Pada sesi ini, ibu-ibu yang menghadiri posyandu pun mengajukan beberapa pertanyaan seputar kesehatan balita mereka, seperti efek samping dari kista pada ibu dan kemungkinan diabetes pada balita. Riko juga mengajarkan cara untuk mencuci tangan dengan baik, untuk mengurangi penyebaran bakteri pada saat persiapan makanan.

Selanjutnya, Kevin Iskandar, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, membagikan pamphlet berisi informasi kebijakan pemerintahan Jokowi dalam upaya pengurangan jumlah stunting di Indonesia. Kevin juga memberikan gambaran mengenai jumlah stunting di Indonesia, serta alokasi anggaran negara yang disalurkan ke desa-desa.

Salah satu dari upaya pencegahan stunting yang dipaparkan oleh Riko, merupakan peningkatan gizi pada balita. Dalam hal inilah, Nisa Muflichati, mahasiswi Fakultas Peternakan UGM, membagikan resep pembuatan nugget sehat tanpa menggunakan bahan pengawet, dimana ibu-ibu dapat memberikan makanan yang disukai anak-anak tanpa harus mengkhawatirkan kandungan zat-zat yang tidak diketahui. Nisa juga mengatakan bahwa resep nugget dapat dimodifikasi dan diberikan sayuran di dalamnya, sebagai salah satu cara untuk para ibu untuk memberikan sayuran kepada balitanya dengan mudah.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi JATIAYU

tampilkan dalam peta lebih besar